bring your back

Cara Mengatasi Komputer Yang Mati Total (Matot)

Cara Mengatasi Komputer Yang Mati Total (Matot) - Pada kali ini saya akan membagikan sebuah cara menganai komputer, bagi anda yang mempunyai permasalahan pada komputer anda anda dapat menanyakannya di dispenzer. Komputer anda matot atau mati total? Nah, pas banget karena pada kali ini saya akan membagikan Cara Mengatasi Komputer Yang Mati Total (Matot), mari kita intip caranya dibawah ini.


Cara Mengatasi Komputer Yang Mati Total (Matot)





1. Power supply yang bermasalah. Power supply adalah sumber tegangan atau pengatur arus litrik yang akan disuplai ke perangkat hardware yang lainnya. Jika power ini tidak bekerja (rusak) maka otomatis komputer tidak akan bisa menyala. Penyebab power supply rusak biasanya karena arus listrik dirumah anda kurang stabill, makanya sangat dianjurkan kepada para pengguna komputer untuk menggunakan stabil listrik (stavol), agar sumber listrik yang masuk ke power supply juga lebih stabil.

Pengecekan manual pada power supply juga dapat dilakukan dengan cara mencabut semua kabel konektor yang terhubung dengan hardware yang lainnya, dan kemudian cari sebuah tembaga atau kawat dalam ukuran kurang lebih 3 cm, kemudian ambil konektor power supply yang paling banyak jumlah pinnya yang biasanya ditancapkan ke motherboard dan kemudian cari kabel yang berwarna hijau dan kabel yang berwarna putih kemudian hubungkan keduanya dengan menggunakan kawat atau tembaga tadi. Kemudian colokkan kabel power ke sumber tegangan. dan lihat apa yang terjadi, apakah power bekerja apa tidak? hanya teman-teman yang mengetahuinya.


Solusi : Apabila power supply memang mati total, maka gantilah power tersebut dengan power suppy yang baru, kemudian juga sebaiknya anda menggunakan stabil listrik agar tegangan listrik yang mengalir ke power supply menjadi lebih stabil. 

2. Permasalahan ini mungkin juga disebabkan oleh motherboard yang rusak. Apabila benar-benar motherboard anda yang rusak, maka bersiaplah untuk mengeluarkan uang yang banyak untuk memperbaikinya. Memperbaiki motherboard hanya bisa dilakukan oleh tekhini khusus yang benar-benar ahli menangani motherboard ini. Banyak sekali yang menyebabkan motherboard rusak, salah satunya adalah listrik yang tidak stabil yang masuk ke motherboard.

Solusi : apabila memang disebabkan oleh motherboard, maka anda harus membawa komputer ke toko komputer yang bagus agar minta diperbaiki motherboardnya jika masih bisa diperbaiki Dan jika motherboard anda telah rusak, maka bersiaplah kembali untuk mengeluarkan uang yang banyak dan bahkan anda sama dengan membeli perangkat komputer yang baru.


Itulah soluasi mengatasi komputer yang mati total (matot), anda bisa mencoba memperbaiki sendiri dengan tutorial yang sudah saya berikan diatas. Semoga dengan adanya tutorial diatas sangat bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Komputer Yang Mati Total (Matot)